Perpustakaan Kota Malang

May 24, 2017

Senang rasanya mengetahui bahwa saat ini di berbagai kota di Indonesia, dibangun perpustakaan yang memadai baik milik swasta maupun pemerintah. Kalau dulu, perpustakaan identik dengan gedung yang kaku, buku-buku yang berdebu dan berantakan, perpustakaan jaman sekarang secara interior sudah jauh lebih nyaman dan keren--untuk selfie, penataan buku yang lebih rapi dan koleksi kepustakaan yang up to date.
Ini bisa jadi salah satu pemacu kenaikan tingkat literasi Indonesia yang katanya masuk di peringkat buncit dunia, sedih ya... :(

Setelah hampir 5 tahun tinggal di Malang, saya baru mengajak anak-anak ke perpustakaan Kota setahun belakangan ini, sebagai alternatif weekend kita di dalam kota. Karena membaca merupakan salah satu kegiatan favorit kami di rumah, barangkali jika suasananya beda dan koleksi bukunya lebih banyak, akan lebih semangat lagi membaca bukunya.
Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang terletak di lokasi yang strategis di tengah kota dan dilalui banyak angkutan umum, kalau perut keroncongan habis nge-perpus, banyak tempat makan terdekat dari yang paling hits atau cuman ngemil. Mau makan bakso bakar atau rujak manis, keduanya terjangkau dengan berjalan kaki saja.
Gedung perpustakaan terdiri dari tiga lantai, lantai satu untuk registrasi keanggotaan, ruang anak-anak dan hall kecil di tengah gedung untuk mengadakan workshop atau bedah buku. Lantai dua terdiri dari ruang sirkulasi (peminjaman dan pengembalian), ruang multimedia, ruang referensi dan ruang koleksi buku teks umum. Sedangkan lantai tiga difungsikan sebagai hall serbaguna yang lebih besar.

Untuk berkunjung dan membaca saja, perpustakaan ini bebas dikunjungi masyarakat secara umum, tidak perlu registrasi atau mengisi daftar tamu. Tersedia locker penyimpanan barang dengan kunci, yang, pada hal ini, handbag ala emak-emak pun harus dititipkan. Alhasil bagian ini agak repot karena harus nenteng dompet, sakuin hp plus charger, tambah lagi printilannya kalau sekalian bawa alat tulis.

Kebetulan, tiap ke sana, saya nggak pernah punya kesempatan mampir ke bagian koleksi umum karena selalu sama anak-anak. So i cannot give you any hints, kapan-kapan mau mampir sana kalau pas pergi sendiri.

Ruang baca anak-anak di sini tidak terlalu besar, tapi koleksinya sangat mumpuni dengan kebutuhan literasi anak-anak. Terdapat sejumah rak warna-warni dengan buku-buku yang tersusun rapi sesuai kategori (dan segera dibereskan petugas bila ada buku yang nyelip di rak kategori lain).

Ada kategori komik, buku referensi, fiksi (novel atau buku cerita), buku aktivitas, dan play book. Judul-judulnya pun cukup up-to-date, alias buku yang rilisnya maksimal 5th ke belakang, artinya, konten di dalamnya tidak ketinggalan zaman sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.

Interior ruangan ini juga nyaman dan eyecatching banget buat anak-anak. Dinding yang dilukis gambar menarik, kursi dan meja baca warna-warni, tersedia juga beberapa unit komputer untuk browsing, dan LCD tv untuk memutar video peraga. Bikin betaaahh berlama-lama baca atau membacakan buku buat anak-anak.

Jangan khawatir gerah, karena AC di beberapa titik mengeluarkan udara yang cukup sejuk, juga dan ada beberapa charging port buat mama-mama yang agak mati gaya (mungkin sudah terlalu addicted dengan handphone - iya, seperti saya juga)

Sisi lain yang menyenangkan, terdapat playground buat anak-anak batita yang kelakuannya masih "mengkhawatirkan" dengan buku. Playgroundnya pun nggak asal-asalan, nyaman banget dengan karpet puzzle, ruangan sejuk dan terang. Tersedia beberapa mainan edukatif, ayunan, dan perosotan, ada juga basinet kecil untuk bayi yang masih hanya bisa tiduran. Betapa cocoknya tempat ini buat mengasuh anak secara murah-meriah-manfaat.

Oh iya, di sebelah ruang anak-anak juga ada nursing room yang cukup besar dan memadai dengan fasilitas lengkap ganti popok, wastafel, sabun cuci dsb.

Untuk jadi anggota perpustakaan ini, cukup mendaftar dengan memberikan fotocopy ktp (boleh kota atau kabupaten Malang). Prosedur registrasinya mengisi form sendiri secara online, dapat nomor anggota, difoto lalu kartu anggota jadi sekitar 30 menit. Lama peminjaman buku sekitar 7 hari. All free.

Kabar baiknya adalah, perpustakaan ini membuka pelayanan dari Senin sampai Minggu dan sampai malam. Ini terobosan bagus banget buat para pekerja yang butuh refreshing sepulang ngantor, buat anak-anak sekolah yang sorenya mau tambah wawasan, atau buat working moms yang pingin bawa anak ke sini tapi gak sempat weekday. Ini ada alternatif hemat dan edukatif buat anak-anak. Jadi bisa ya, ibu-ibu, #WeekendTanpaMal ?

Sering ke sini? definitely, yes! anak-anak senang, dompet aman. 

Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang 
Jl Besar Ijen 30A, Malang
Senin s/d Jum'at : 08.00 - 20.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 20.00 WIB
Minggu : 09.00 - 20.00 WIB
Hari Libur Nasional : TUTUP

You Might Also Like

0 comments