Menikmati Bunga Sakura (Hanami) di Belanda!

May 17, 2017

Memasuki musim semi 2017, tepatnya awal bulan April lalu, saya beserta teman sekampung di Nijmegen berniat untuk menyaksikan bunga sakura atau bahasa kerennya hanami (花見, melihat bunga) di salah satu taman di Belanda. Di Belanda nih cius? Yuhuuuu kakaaaaa!! Jangan dikira menonton bunga sakura hanya ada di Jepang, di Belanda pun bisa!

Setiap tahunnya pemerintah Kota Amstelveen-Amsterdam mengadakan Festival Bunga Sakura untuk komunitas expats Jepang yang bertempat di Kersenbloesempark. Sekitar 400 bunga sakura yang merupakan hadiah dari Japan’s Women Club (JWC) mulai ditanam pada tahun 2000. Jumlah pohon yang mencapai 400 buah pohon ini melambangkan lamanya tahun kerjasama yang telah terjalin antara Jepang dan Belanda di tahun 2000 silam.  Kenapa di Amstelveen dan bukan di kota lain? Nah, ternyata Amstelven ini sudah menjadi rumah bagi sekitar 1700 expats Jepang lho, jumlah yang konon paling besar di Eropa. 

Festival Bunga Sakura atau yang biasa disebut Hanami Matsuri ini setiap tahun berbeda-beda tanggal pelaksanaannya. Informasi mengenai tanggal pelaksanaan Matsuri atau Festival bisa dicek di website nya langsung disini

Berbekal niat dan ekspektasi untuk piknik di bawah bunga Sakura, kami berangkat dari Nijmegen cukup pagi. Lokasi taman berada di Amsterdam, sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam menggunakan kereta dari kota kami, Nijmegen. 

Yang harus diperhatikan, selain kondisi cuaca tentunya, adalah apakah kita kesana hanya untuk mengunjungi festivalnya saja atau juga menikmati bunga sakura yang sedang mekar? Karena ternyata waktu penyelenggaraan festival belum tentu bertepatan dengan mekarnya si bunga sakura secara penuh. Kunjungan saya di Bulan April kemarin selain menikmati bunga sakura, juga untuk menyaksikan festivalnya. 

Bedanya apa? Kalau di acara Festival Bunga Sakura atau Hanami Matsuri ini, ada semacam upacara pembukaannya secara resmi ala Jepang. Pada saat festival, akan ada banyak stand makanan plus stand workshop yang berkaitan dengan budaya Jepang seperti origami, cara membuat sushi atau takoyaki, dll. Pertunjukan khas jepang juga ada lho. Yang unik, performer-nya bukan hanya orang Jepang yang tinggal di Belanda, tetapi juga penampilan dari orang Belanda yang menyukai culture Jepang. Oh ya, Hanami Matsuri ini biasanya diselenggarakan pada hari Sabtu. 

Nah, lain lagi kalau tujuan kita hanya untuk menikmati bunga sakuranya saja. Kita bisa berkunjung di hari kerja dan tidak perlu menunggu weekend tiba. Pastikan tanggal kunjungan adalah saat-saat dimana bunga sakura sudah mekar. Biasanya sekitar bulan Maret sampai dengan April. Berdasarkan info yang saya terima, kita bisa mengontak pihak pengelola taman untuk menanyakan apakah bunga sakuranya sudah mekar atau kira-kira kapan waktu bunga sakuranya full blooming. Saat kunjungan saya kemarin, walaupun sukses bisa ikut festivalnya, tapi masa mekar bunga sakuranya sudah lewat. Jadi ekspektasi dan realita benar-benar berbeda.


Buat teman-teman yang sedang studi di Belanda, taman bunga sakura ini bisa jadi pilihan buat cuci mata atau sekedar short escape dari rutinitas belajar. Cara mengunjungi taman ini, yang paling mudah adalah dengan kendaraan pribadi karena berarti tidak perlu berjalan cukup jauh. Tapi untuk yang tidak punya kendaraan pribadi, tidak usah khawatir. Banyak bis yang akan mengantar kita sampai dengan halte terdekat taman. Selanjutnya kita tinggal berjalan kaki sekitar 15-40 menit, tergantung kecepatan jalan kita..hehe. Sepanjang jalan banyak taman-taman dengan bunga yang sudah mulai mekar, jadi dijamin jalan kakinya akan menyenangkan. Untuk yang akan piknik di bawah bunga sakura, jangan lupa bekal ala-ala jepangnya, seperti sushi atau nasi kepal supaya atmosfer Jepangnya semakin terasa. 

Catet alamatnya ya: Burgemeester A. Colijn Weg; 1182 DB Amstelveen atau cukup di search kersenbloesempark di mbah google. Untuk info lebih lanjut ke lokasinya bisa dicek melalui website www.9292.nl/en/. Pengalaman saya kemarin, saya turun di stasiun kereta Amsterdam Biljmer ArenA, kemudian dilanjutkan dengan bis no. 300 (direction Haarlem via Schiphol Airport) dan turun di bus stop Amstelveen. Dari bus stop jalan sekitar 30 menit, karena di setiap taman kita ada sesi foto-foto bebas.

Sampai ketemu di Hanami Matsuri 2018 ya! じゃあね !!^^



You Might Also Like

1 comments

  1. Wuih seru. Paling suka dengan panorama saat Sakura mekar. Pengen banget bisa lihat langsung...

    ReplyDelete