Museum Missil Strategis

February 16, 2015



Museum Missil Strategis (Strategic Missile Forces Museum) terletak di Pobuzhske (Ukraina), yaitu tepatnya di perbatasan wilayah Kirovohrad and Mykolayiv. Wilayah ini terletak sekitar 250 km di selatan Kiev. Dengan bantuan salah seorang teman lokal kami, kami menyewa mobil dari Kiev sekitar 100 euro (mobil + supir + bensin) untuk melakukan ekskursi ke museum ini. Teman kami, Nika, bertindak sebagai penterjemah bagi kami. Dengan kondisi jalan raya di Ukraina yang kurang lebih sama seperti Pantura :) kami mencapai museum ini setelah 5 jam perjalanan dari Kiev.

Museum ini buka setiap hari dari jam 10:00 hingga 17:00. Untuk melakukan ekskursi, pengunjung diharuskan untuk mereservasi terlebih dahulu. Sebaiknya kalian meminta bantuan orang lokal atau orang yang bisa berbahasa Rusia atau Ukraina dikarenakan para pekerja di museum ini tidak bisa berbahasa Inggris. Kami membayar tiket masuk museum seharga 20 UAH (sekitar 1 euro) per orang dan 40 UAH per orang untuk tour guide.

Setelah keruntuhan Uni Sovyet di tahun 1991, Ukraina menandatangani Perjanjian Nonproliferasi Nuklir (NPT) pada tahun 1994. Salah satu isi perjanjian tersebut adalah perlucutan fasilitas senjata nuklir yang dimiliki oleh negara penandatangan. Hal itu menyebabkan Ukraina berkewajiban untuk menghancurkan seluruh fasilitas senjata nuklirnya, dan para tentara yang bekerja di fasilitas tersebut mendapatkan status sipil. Tetapi para pekerja yang berada di fasilitas senjata nuklir di Pobuzhske ini membeli fasilitas ini dari negara (agar tidak dihancurkan) dan mengubahnya menjadi sebuah museum. Museum ini dibuka pada tanggal 20 Oktober 2001. Dan para tentara yang bekerja di sini sebelumnya (lebih kurang berjumlah 5 orang) bertindak sebagai pemandu wisata di museum ini sekarang. Bisa dibilang, kepemilikan museum ini total oleh privat, bukan oleh negara. 


Tur di museum ini dibagi dalam 3 bagian, yaitu :
1. Tur di dalam bangunan museum yang menjelaskan mengenai sejarah senjata nuklir di Uni Sovyet dan perang dingin dan gambaran umum museum ini
2. Tur di luar bangunan museum
3. Tur di dalam ruang kendali misil

Bangunan Museum
Bangunan museum ini terdiri dari dua ruangan. Ruangan pertama berisi penjelasan mengenai misil-misil yang berada di museum ini dan obyek-obyek lain yang ada di museum. Sedangkan ruangan yang kedua berisi penjelasan mengenai gambaran umum fasilitas senjata nuklir yang ada di Uni Sovyet dan juga sejarah Perang Dingin.

SS-18 'Satan'
Obyek utama yang berada di museum ini adalah SS-18. Ini adalah misil penjelajah benua, yang mampu menjangkau jarak 15.000 km. Dari Pobuzhsk, di mana museum ini berada, misil ini mampu mencapai Washington D.C. dalam waktu 30 menit.

Namun selain SS-18, museum ini juga memiliki banyak koleksi misil-misil kecil. Salah satu diantaranya adalah R-12 yang memainkan peranan penting di Krisis Kuba tahun 1961.

SS-18 'Satan' Intercontinental Ballistic Missile.




Ruang Kendali Misil
Ruang kendali misil, terutama untuk meluncurkan SS-18 berada di kedalaman 155 meter di bawah tanah. Bangunan 12 tingkat ini juga berfungsi sebagai tempat perlindungan apabila terjadi perang. Di dalamnya terdapat persediaan makanan dan juga tempat tidur. Seseorang dapat bertahan hidup di dalam sini tanpa keluar selama 45 hari. 

Untuk mencapai ruang kendal misil, kami harus menyusuri lorong sempit yang merupakan ruang saluran udara. Di ujung lorong kami harus menuruni sebuah tangga curam untuk menuju ruangan di bawah yang terdapat elevator untuk menuju ruang kendali utama. Lalu kami menaiki elevator berkapasitas 3 orang untuk dapat mencapai ruang kendali yang berada di paling bawah bangunan ini. Namun terdapat pula tangga vertikal yang menurut saya lumayan curam, sebagai fasilitas cadangan apabila terjadi kerusakan di elevator. 
keadaan di dalam ruang kendali utama
Tur di dalam bangunan ruang kendali ini diakhiri dengan rute yang berlainan dengan rute yang kami tempuh ketika kami datang. Pemandu kami menunjukkan rute darurat yang dibangun apabila terjadi serangan (atau apabila pihak musuh memasuki rute utama). Rute ini berujung di dalam bangunan lain yang tersembunyi di belakang pintu utama museum.

Sebelum berpisah dengan pemandu wisata kami dan mengakhiri tur ini, kami menyempatkan diri untuk mengisi buku tamu dan membeli bros lambang museum ini seharga 50 UAH sebagai kenang-kenangan (dan juga untuk mendukung pemeliharaan museum ini). 

Beberapa website pendukung:
http://www.rvsn.com.ua/
http://www.eoghan.me.uk/tips/msmt/
http://en.wikipedia.org/wiki/Strategic_missile_forces_museum_in_Ukraine

You Might Also Like

0 comments