Nge-Seafood di Kota Balikpapan

July 28, 2017

Kota Balikpapan yang terletak di tepi laut dengan garis pantai yang panjang tentu saja menjadi 'khas' dengan sajian panganan lautnya, apalagi di kota yang heterogen ini. Suku-suku pelaut yang berasal dari Sulawesi seperti bugis dan makassar merupakan salah satu suku mayoritas yang mempengaruhi jenis kuliner  di Kota Balikpapan.

Saya secara pribadi bukanlah penikmat hidangan seafood karena saya entah mengapa kurang menyukai ikan, lebih menyukai kepiting, cumi, dan tiram, hanya saja saya memiliki sedikit alergi (sebuah kerugian untuk saya). Tapi, saya akan membagikan sedikit informasi mengenai lokasi-lokasi resto/tempat makan seafood yang dapat dijadikan acuan jika ingin menikmati kuliner seafood  sambil nongkrong di Kota Balikpapan. Saya akan mengambil beberapa tempat yang pernah saya coba sendiri dan saya merasa puas dengan hidangannya.

Ocean's Resto salah satu tempat makan seafood enak di Kota Balikpapan, harga makanannya lumayan mahal untuk kantong seperti saya. Tapi kata teman saya yang kerja di Jakarta, untuk tampilan resto, rasa, dan pelayanan yang diberikan, harga yang diberikan di resto ini lebih murah dibandingkan Jakarta. Kenapa saya merekomendasikan Ocean's? Resto ini terletak di pinggir laut, dengan kursi-kursi kayu yang langsung ditata di atas laut, sambil makan kita bisa menikmati deburan ombak dan pemandangan kapal-kapal nelayan dan kapal-kapal besar lalu lalang. Untuk mereka yang tidak hobi makan seafood, resto ini menyediakan menu makanan lainnya yang cukup variatif. Saya menyarankan untuk datang ke resto ini di malam hari untuk lebih merasakan sensasinya karena didukung dengan lampu-lampu berwarna kuning sehingga suasananya lebih romantis dan dramatis.


Suasana Resto Bondy (Kiri) & Suasana Ocean's (Kanan)

Bondy Bakery & Restaurant adalah tempat makan seafood kedua yang saya rekomendasikan. Sekedar informasi, restoran jadul ini adalah resto yang dipilih untuk dikunjungi oleh Jokowi pada saat kedatangannya di Balikpapan sekitar tahun 2016 akhir atau 2017 awal. Ah, saya kok lupa. Restoran ini menyajikan berbagai pilihan seafood segar yang bisa dipilih sendiri oleh pembeli dan ditimbang sebelum dimasak sesuai dengan selera. Selain itu, hidangan seafood yang disajikan seperti ikan bakar biasa dilengkapi dengan berbagai pilihan sambal seperti : sambal terasi, sambal kecap, sambal matah, dan sebagainya. Saya rekomendasikan makan sate tiram di restoran ini (duh, kok saya jadi kepengen makan sate tiram tengah malam begini). Untuk masalah harga, resto ini bukan harga kaki lima walau masih dibawah Ocean's. Tampilan restonya sendiri terlihat kalau resto ini merupakan resto jadul. Penasaran? Cobain deh! Jangan lupa juga untuk coba eskrim di resto ini. 

Resto ketiga dan terakhir saya ulas di tulisan saya ini adalah Rumah Makan Torani. Resto ini cukup ngehits di Kota Balikpapan karena menawarkan harga yang lumayan murah dibandingkan kedua resto yang saya bahas sebelumnya. Sang pemilik memulai restonya dengan berjualan ikan bandeng tulang lunak di belakang mobilnya yang diparkir di belakang mall, saat ini resto ini berkembang cukup pesat dan telah memiliki cabang di Kota Samarinda. Restonya cukup luas dengan kursi dan meja ditata memang spesial untuk makan rombongan besar, keluarga atau rekan kerja.  Resto ini juga lumayan lengkap menyediakan pilihan seafood dan pembeli bisa memilih sendiri seafood yang akan dimakan. Selain itu, resto ini membebaskan pembeli untuk mengambil refill sayuran, baik lalapan maupun sayur asam juga sambalnya. Jadi buat yang punya perut karet mungkin di sini adalah tempat yang cocok untuk makan seafood. 

Sebenarnya Balikpapan masih punya banyak lagi resto atau warung yang menyajikan seafood dengan rasa enak, jika punya waktu lebih berkunjung ke Balikpapan bisa mencoba seafood di lokasi yang lain seperti : jejeran warung seafood di belakang kantor pos pusat Kota Balikpapan (cari orang lokal yang paham daerah ini agar tidak mendapat resto yang menjual dengan harga terlampau mahal), jejeran warung seafood di pasar inpres Kebun Sayur (bisa sekalian belanja oleh-oleh), Resto Dandito (tentu saja!) untuk penyuka kepiting - saya belum pernah makan di sini, harganya cukup mahal untuk ukuran saya tapi banyak yang komentar kalau masakan kepitingnya enak, dan masih banyak lagi. 

Pokoknya sayang kalau  tidak mencoba menikmati kuliner seafood sambil menikmati laut  di Kota Balikpapan.



Info Resto Ulasan :

Ocean's Resto
Jl. Jend Sudirman Komplek Ruko Bandar Blok M No 18 Balikpapan

Bondy Bakery & Restaurant
Jl. Jend Ahmad Yani (Gunung Sari) Balikpapan 
(Tinggal ngomong ke supir angkot, tukang ojek, supir taxi semua sudah tahu)

Rumah Makan Torani
Jl. Jend Sudirman No 73 (Komplek Lembaga Pemasyarakatan) Balikpapan 


You Might Also Like

2 comments

  1. Nah..ini salah satu lokasi yang belom Nhae datengin teh.. Balikpapan.
    Kalo ada kesempatan ksana, bakal ngeseafood ke Ocean's Resto aaah 😆😆

    ReplyDelete
  2. mau yang romantis dramatis dooongs..yuuuk yuuuk

    ReplyDelete