Menatap Kanopi dari Puncak Batu Dinding

September 28, 2016




Sejak beberapa tahun lalu, saya banyak melihat postingan foto dari Batu Dinding tapi baru beberapa minggu lalu saya sempat melihat dan merasakan sendiri berwisata ke sana. Secara keseluruhan tidak banyak yang bisa ditawarkan oleh Batu Dinding selain pemandangan dari puncak tebing batu, sepanjang mata memandang adalah kanopi pohon. Indah? Ya tentu saja! Coba saja pergi ke Batu Dinding pada saat pagi sekali untuk mengejar sunrise atau sore hari untuk mengejar sunset

Kami tiba di jalur menuju Batu Dinding sekitar pukul empat sore. Sebenarnya jika tidak ingin merasa capek, bisa menggunakan motor pribadi atau menumpang ojek untuk mencapai Batu Dinding. Tapi apa esensinya berwisata alam jika tidak menikmati pemandangan yang ada di sepanjang jalan. Jadi saya dan kawan, memutuskan untuk memarkirkan kendaraan dan mulai berjalan di sekitar perkebunan buah naga milik warga. Bicara mengenai buah naga, dahulu buah ini termasuk buah ekslusif dengan harga lumayan mahal, belakangan semenjak semakin banyak petani yang menanam tanaman ini, harganya menjadi semakin murah karena hasil panen yang melimpah. 


Perjalanan dimulai Melewati Kebun Buah Naga
Perkebunan Buah Naga Milik Warga

Perjalanan menuju Batu Dinding cukup melelahkan karena cuaca yang terik walaupun sudah sore dan juga jalan yang terus menanjak. Saya lebih ngosngosan saat berjalan di sini dibandingkan trekking di dalam hutan dengan jarak yang sama. Perjuangannya lebih terasa. Rasanya seperti berwisata alam sekaligus berolahraga, pilihan ekonomis bagi yang ingin mengurangi berat badan seperti saya.  

Setelah berjalan selama sekitar 1,5 jam akhirnya kami tiba di tebing batu dinding. Kami harus berjalan menaiki tebing untuk mencapai puncak dari batu dinding. Buat yang tidak suka ketinggian seperti saya, hal ini merupakan tantangan tersendiri. Saat kawan-kawan saya yang lain antusias untuk mencapai puncak batu dinding untuk menikmati kanopi pohon-pohon, saya memilih untuk duduk santai dan menikmati kanopi dari posisi yang lebih rendah. 


Perjalanan Menuju Puncak Batu Dinding

Pemandangan Dari Puncak Batu Dinding (Lebih Indah Bagi yang Berani - Seperti Teman Saya Ini)

Batu dinding mungkin tidak menawarkan banyak hal, tapi keindahan alam yang dinikmati dari atas, jejeran kanopi pohon, angin sepoi-sepoi, melihat pemandangan burung yang terbang dan juga suara burung bersahut-sahutan mungkin bisa dijadikan alternatif untuk menyegarkan pikiran yang suntuk. Untuk yang eksis mengupload foto-foto selfie/wefie, Batu Dinding bisa dijadikan lokasi untuk mendapatkan foto-foto dramatis (bahasanya..). 

Apapun itu, semoga lokasi wisata alam Batu Dinding bisa dikelola dengan lebih baik lagi dan semoga pengunjung yang datang ke sana dapat menjaga kebersihan dan keasrian Batu Dinding. Jangan sekedar datang hanya untuk berfoto karena alam menawarkan lebih dari sebuah gambar. 


Lokasi Wisata Batu Dinding

Jl Balikpapan-Samarinda KM 45
Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur



*) Terimakasih Bestifitraini untuk foto-fotonya

You Might Also Like

5 comments

  1. Penasaran dimana Batu Sinsing itu.
    Dalam hati niat mau main juga ah...
    Landilalah, ternyata jauh di Kalimantan sana?

    Heuheuheu! Gak ja di berniat mainnya. Kejauhan! 😊 padahal pemandangan serta kebun buah naganya menggoda iman banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh..sayapun belum pernah ke sana. Ini tulisan teman saya Eva :)

      Delete
  2. Saya ngakunya orang Indonesia, tapi sampai sekarang saya baru pernah ke Pulau Jawa dan Bali saja. Memalukan ya?
    Pengen banget maen ke Sumatera, Kalimantan, dll, tapi belum ada biaya dan kesempatan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama..pengen banget juga lebih menjelajahi Indonesia..andaikan jaraknya deket2 dan murah yaa.. -_-

      Delete
  3. Oh My God.... Ada Foto siapa ituuuuu??? <:-P
    Gegara liat tulisan ini, jadi pengen nulis juga...
    hehehe...

    ReplyDelete