Edinburgh yang selalu mempesona..

June 02, 2016

Sakura in Edinburgh
Edinburgh merupakan ibukota Skotlandia dan menjadi bagian dari United Kingdom. Bagi saya pribadi, Edinburgh merupakan salah satu kota tercantik di dunia. Sehingga walau hampir 3 tahun tinggal di kota ini, saya tidak berhenti kagum akan keindahannya.

Jika menyukai festival maka waktu paling tepat mengunjungi Edinburgh adalah pada bulan Agustus, dimana Edinburgh Fringe Festival diselenggarakan pada awal Agustus selama 4 minggu. Selain musim panas, waktu yang tepat mengunjungi Edinburgh pada saat autumn, ketika daun-daun mulai berubah warna kekuningan dan curah hujan lebih rendah dibanding musim dingin.
 
Menuju Edinburgh, Anda dapat menggunakan pesawat langsung atau melalui London dan naik kereta sekitar 5 jam. Jika menggunakan pesawat langsung ke Edinburgh, anda bisa naik tram atau bus 35 atau airlink 100 menuju City Center. Jika menggunakan kereta maka ada beberapa station yang bisa anda pilih. Stasiun yang terdapat di pusat kota adalah Waverley Station. Jika turun di stasiun ini, anda tidak perlu membeli tiket bus untuk berkeliling kota, karena hampir semua bisa dilakukan dengan jalan kaki (jika anda kuat).

Jika anda memiliki budget lebih, akomodasi yang paling tepat adalah di pusat kota. Memang sedikit mahal, tetapi ada beberapa akomodasi seperti travelodge dan premier inn bagi keluarga yang cukup tidak menguras tabungan. Jika anda student mungkin bisa mencoba airbnb atau couch surfing. Hostel di pusat kota sedikit lebih mahal tentunya, tetapi worth it jika anda ingin menghemat transportasi.

Transportasi di Edinburgh sangat baik, sama dengan kota-kota di eropa pada umumnya. Dengan harga 4 GBP untuk day ticket, Anda bisa seharian berkeliling dengan bus ataupun tram. Harga tiket untuk single trip 1,6 GBP dan anak-anak dibawah 5 tahun masih gratis. Untuk keluarga dengan anak diatas 5 tahun, juga terdapat family day tiket.

Edinburgh Castle 
Banyak tempat menarik yang dapat dilihat di sini, dan hampir semua berada di pusat kota yang bisa di tempuh dengan berjalan kaki. Salah satu cara yang paling baik adalah dengan berjalan sejauh 1 mile yang dikenal dengan daerah Royal Mile, yang menghubungkan Edinburgh Castle dan Holyrood Palace. Di jalanan sepanjang 1 mile itu anda akan melihat banyak tempat menarik untuk dikunjungi, seperti Camera Obscura, The Whisky Experience, David Hume statue, St Mary Cathedral, Real Mary King Close, Childhood Museum, Scottish Story Telling Center, Scottish Parliament dan berujung pada Holyrood Palace dan Arthur Seat. Jika ingin melihat Edinburgh dari atas, Arthur Seat adalah tempat yang paling tepat untuk didaki.

Untuk para pecinta bangunan dan arsitektur bersejarah, maka Old Town dan New Town merupakan tempat bagus untuk dikunjungi. Tidak jauh dari Royal Mile, Old town dan New Town dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Setelah itu Anda bisa berjalan kaki atau naik bis menuju Calton Hill. Bagi yang tidak kuat mendaki Arthur Seat, Calton Hill merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dikunjungi, pemandangan yang disuguhkan pun tak kalah indah. Selepas dari Calton Hill anda bisa berjalan kaki dan duduk santai di Princess Garden ataupun berbelanja di sekitaran Princess Street. Mulai dari budget shop seperti Primark dan middle seperti H&M, Top Shop, New Look sampai yang High End seperti Karen Millen, Hobbs, dan lainnya, Anda bisa temukan di sini.

Tempat makan banyak tersebar di pusat kota, dari yang paling murah seperti Yocoko (Halal), tikka Mahal, sampai restaurant fancy dengan embel-embel Michelin Star bisa anda temukan di pusat kota. Bagi pecinta Harry Potter kota ini wajib dikunjungi karena di kota inilah, tepatnya di Elephant Cafe, J.K. Rowling menemukan inspirasi untuk menulis novel terkenal tersebut. Jika ingin mengunjungi cafe ini anda harus bersiap mengantri.

Selain Fringe Festival pada musim panas, yang terkenal pada saat winter adalah Hogmanay yaitu merupakan konser dan kembang api yang diselenggarakan setiap pergantian tahun. Tidak banyak turis yang tahu. Tetapi pada 1 Januari, banyak orang lokal akan beranjak ke South Queensferry untuk melangsungkan Festival Loony Duck, dimana pesertanya akan mengenakan kostum seunik mungkin dan akan bersama-sama terjun ke dalam dinginnya air North Sea. Bisa anda bayangkan, dinginnya air entah minus berapa itu.

Tentu ada banyak tempat lain yang menarik untuk dikunjungi selain pusat kota, semoga dilain waktu saya berkesempatan untuk menuliskan tentang tempat-tempat tersebut.

Akhir cerita Edinburgh tidak pernah membuat saya bosan dengan keindahannya, dan hampir semua kerabat dan teman yang mengunjungi kami, setuju bahwa Edinburgh memang sungguh mempesona :).

You Might Also Like

0 comments