Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH ) Balikpapan

May 16, 2014

KWPLH, Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup ini terletak di Kota Balikpapan. Tempat ini juga sering disebut sunbear enclosure, tempat penampungan beruang madu. Kenapa beruang madu? Karena beruang madu merupakan maskot Kota Balikpapan. Semua dari beruang madu yang ada di tempat ini berasal dari sitaan, karena beruang-beruang ini sudah terlalu lama dipelihara manusia, mengalami kecacatan dalam pertumbuhan, dan lain sebagainya, maka beruang-beruang ini tidak dapat dilepasliarkan kembali.

Hal yang menarik yang ada di KWPLH, tentu saja enklosur beruang madu. Kita dapat berkeliling di jembatan dan menyaksikan beruang-beruang itu pada waktu makan, sekitar pukul 9 pagi dan pukul 3 siang. Biasanya mereka dilepas untuk mencari makan, makanannya berupa buah dan madu disembunyikan di dalam semak atau pepohonan. Beruang-beruang sengaja distimulasi agar tidak kehilangan kemampuannya sebagai satwa liar. Sepanjang sunbear enclosure, terdapat banyak keterangan mengenai satwa lain seperti burung-serangga-tumbuhan yang berada di sekitar KWPLH. Satu hal yang menjadi kekurangan adalah ketidakmampuan para guide untuk memberikan informasi atraktif bagi para pengunjung mengenai KWPLH-beruang madu-pendidikan lingkungan hidup sehingga pesan konservasi yang ingin disampaikan dengan pendirian KWPLH ini kurang sampai pada mayoritas pengunjung KWPLH.


Beruang Madu Mencari Makan (Dalam Lingkaran)
Selain enklosur, tempat lain yang dapat dikunjungi adalah Pergola. Pergola merupakan pusat informasi mengenai beruang yang ada di dunia, khusus untuk menjelaskan secara general tentang silsilah dari keluarga beruang, keistimewaan beruang madu yang menjadi maskot kota. Sebenarnya pergola sudah cukup lengkap menyediakan informasi bagi pengunjung yang kebanyakan mungkin awam dalam masalah beruang madu, hanya saja, sekali lagi, saya tidak menemukan guide yang dapat memberikan informasi lebih kepada pengunjung atau sekedar berbagi cerita mengenai beruang madu yang ada di KWPLH.

KWPLH dilengkapi lamin, balai terbuka yang dapat digunakan untuk pertemuan, taman bermain anak, taman untuk bersantai, cottage untuk menginap yang biasanya digunakan oleh para peneliti yang kebanyakan berasal dari luar negeri. Oiya, KWPLH juga tempat penampungan kucing liar, terdapat banyak sekali kucing di KWPLH dan semuanya gendut-gendut dan terawat. Hampir semua kucing di KWPLH sudah disteril dan divaksin sehingga tampak sehat. Buat yang takut kucing, mungkin sebaiknya memilih waktu pada saat kucing-kucing itu tidak dilepas karena jumlahnya hampir 150 ekor, ke mana mata memandang, kita akan melihat kucing.

Saya pribadi sih pecinta kucing, makannya saya senang sekali bermain dengan kucing-kucing yang ada di sini. Kucing-kucing ini juga dapat diadopsi dengan mengikuti aturan KWPLH. Apakah KWPLH layak untuk dikunjungi ketika berada di Kota Balikpapan? Tentu saja!  :D

PS : mohon maaf kalau fotonya gak lengkap :(

You Might Also Like

0 comments