Hollandia, si Cantik di Timur Indonesia

April 12, 2014

Pernah denger kota dengan sebutan Hollandia di Indonesia? Tidak?
Gimana kalo Jayapura? Pasti tau kaan.. Nah, Hollandia ini adalah sebutan untuk Kota Jayapura yang digunakan oleh Belanda sejak tahun 1910. Kota di Timur Indonesia ini mungkin sangat jarang masuk list para traveler. Tapi buat Saya, kesempatan untuk mengunjungi Jayapura adalah luar biasa! Sudah lama saya mengharapkan bisa menjelajah timur Indonesia, melihat langsung keindahan alamnya yang belum banyak tersentuh modernisasi.


Saat itu, Saya dan beberapa teman memilih untuk menginap di sekitar Teluk Humboldt, atau ada juga yang menyebutnya sebagai Teluk Yos Sudarso. Teluk ini terletak di pantai utara Jayapura, 50 kilometer dari perbatasan Barat antara Indonesia dan Papua Nugini. Di teluk ini terdapat Swissbelhotel Jayapura, yang menawarkan kolam renang dengan pemandangan tepi laut yang keren..Sayangnya, tidak jauh dari Swissbelhotel terdapat pelabuhan barang yang banyak membuang sampah ke laut :(

Di sekitar Teluk Humboldt juga banyak makanan enaaak...Salah satunya seafood di tepi teluk Humboldt. Seafoodnya seger-seger, mulai dari cumi, udang, ikan kakap, dan lain-lain. Seafoodnya bisa dipesan untuk di goreng tepung, asam manis, bakar, dan lain-lain. Seafood-seafood ini disajikan dengan nasi putih dan delapan jenis sambal! Uwoow..sebagai fans berat sambal, Saya kegirangan melihat mangkok-mangkok sambal berjejer :D.

Makanan enak lain yang lokasinya dekat dengan Teluk Humboldt adalah ikan mujair bakar di Rumah Makan Nusantara. Mujairnya besar-besar dan sambelnya pedas dan gurih..hemmm..

Untuk yang doyan nongkrong di kafe, di dekat Teluk Humboldt terdapat Dante Coffee. Tempatnya nyaman buat ngobrol dan nongkrong berlama-lama.

Jika punya lebih banyak waktu, sempatkan untuk naik perahu keliling Danau Sentani. Sayangnya, waktu itu Saya tidak sempat. Hanya sempat makan di rumah makan Yougwa di pinggir Sentani, sambil makan papeda dan kuah ikan kuning. Papeda adalah makanan khas Papua yang terbuat dari sagu. Penampakannya lengket kayak lem. Pas dimakan, glenyer-glenyer di leher :D Papeda ini rasanya tawar, karena itulah harus dimakan dengan ikan kuah kuning yang berbumbu.


Papeda dan ikan kuah kuning di RM Yougwa, Sentani, Jayapura
Jika ingin melihat keindahan Kota Jayapura dari ketinggian, pergilah ke daerah Angkasa, yang merupakan komplek rumah-rumah besar pejabat Papua, terletak di perbukitan Jayapura. Dari sana, pemandangan kota terlihat jelas dan indah. Selain itu, menikmati Jayapura dari ketinggian bisa dilakukan dari titik tertinggi di Jayapura yaitu di Jayapurawood. Dinamakan seperti itu karena di bukit ini terdapat tulisan "Jayapura City" yang mirip dengan tulisan di bukit Hollywood :)

Selama dua kali kunjungan ke Jayapura, semuanya sesuai dengan bayangan Saya. Alam indah, penduduk ramah, dan makanan enak. Jika ada kesempatan, dengan senang hati Saya akan kembali ke Hollandia!

Info
Penerbangan dari Jakarta menuju Jayapura: tersedia berbagai maskapai, yang terbesar yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air.
Hotel berstandar internasional di Jayapura: Swissbelhotel Jayapura dan Aston Jayapura.
Festival budaya yang menarik di Jayapura: Festival Teluk Humboldt dan Festival Danau Sentani.
Sebelum berangkat ke Papua, biasanya dianjurkan untuk minum obat anti malaria. Bisa tanya ke dokter langganan atau ke apotek untuk info lebih jauh.

You Might Also Like

0 comments