Bird Watching: Mengamati Burung Untuk Melepas Stress

June 29, 2020



Salah satu toko dalam salah satu serial televisi favorit saya, Criminal Minds, Jason Gideon. Seorang senior supervisor sekaligus pendiri BAU (Behavioral Analysis Unit) di FBI memiliki hobi Bird Watching (Pengamatan Burung). Dalam serial itu, Jason Gideon senang menghabiskan waktunya dengan  pengamatan burung, mungkin hal itu dia lakukan untuk melepas stress dari pekerjaannya yang super berat sebagi profiler senior di FBI.

Sebagai anak biologi, pengamatan burung bukanlah hal asing. Saya mendapatkan mata kuliah wajib ornitologi yang kegiatan utamanya adalah mengamati burung.  Saya lupa tepatnya pada semester berapa kami harus bersembunyi di semak-semak, meminamilisir gerakan untuk mengamati burung, agar burung-burung tersebut tidak merasa terganggu lalu pergi. Biasanya, pengamatan dilakukan pada burung-burung diurnal atau burung-burung yang aktif pada siang hari, terutama pagi hari dan sore hari. Pengamatan burung yang bersifat diurnal dipilih karena lebih mudah dilakukan dibandingkan burung nokturnal atau burung-burung yang aktif pada malam hari. Pengamatan malam hari membutuhkan lebih banyak upaya dan perlengkapan yang lebih canggih (bisa juga dibaca mahal) baik untuk teropong maupun kamera.

Bird Watching merupakan salah satu alternatif kegiatan luar ruangan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, bisa dilakukan seorang diri apabila kita adalah tipe petualang yang solitaire atau bisa dilakukan bersama keluarga. Kita bisa melakukannya sebagai selingan trekking misalnya, saat berjalan-jalan di alam kita akan menemui berbagai jenis burung di sepanjang perjalanan/trek.

Keberadaan kamera sangat membantu apabila kita juga memiliki ketertarikan atau rasa ingin tahu terhadap jenis-jenis burung di tempat kita melakukan kegiatan ornitologi. Kita dapat mengambil foto dari burung tersebut kemudian melakukan identifikasi terhadap burung tersebut. Untuk Indonesia terdapat berbagai buku panduan untuk identifikasi jenis burung berdasarkan wilayah yang bisa didapatkan di toko buku fisik/online. Sebelum ada kamera seperti sekarang, jika ingin mengindentifikasi tentu saja harus menggambar secara manual sekaligus membuat keterangan yang rinci tentang burung yang diamati agar tidak salah identifikasi.




Bird Watching mungkin istilah baru bagi beberapa orang tapi bisa jadi kegiatannya sendiri sudah banyak dilakukan. Bird Watching merupakan kegiatan luar ruangan yang sederhana, bisa dilakukan di halaman rumah, di kantor (pada saat kita sedang bosan/jenuh misalnya), atau kalau memang niat, kita bisa melakukannya di alam. Kegiatan Bird Watching tidak selalu membutuhkan teropong (binocular) dan kamera, kita bisa melakukannya dengan mata kita sendiri sambil menikmati keindahan suara juga bentuk burung. Saya pribadi dan teman saya, lebih sering melakukan kegiatan Bird Watching secara sampingan pada saat kami ada kegiatan/pekerjaan di lapangan. Beberapa foto yang saya tampilkan di sini adalah hasil jepretan sampingan pengamatan burung saat kami  berada di lapangan.

Setelah membaca ini apakah ada yang mulai tertarik untuk melakukan kegiatan Bird Watching seperti Jason Gideon? Atau mungkin sudah melakukannya? Semoga kegiatan Bird Watching bisa membantu melepaskan stress, memberi energi positif (recharge), dan membuat kita semakin menghargai alam serta makhluk hidup yang ada di dalamnya.

You Might Also Like

0 comments