Makan sepuasnya, bayar sesukanya di der Wiener Deewan

December 21, 2015



Di Wina ada tempat makan yang populer di kalangan budget traveler, mahasiswa, backpacker, dan pejalan Muslim. Tempatnya adalah sebuah restoran Pakistan tidak jauh dari Universität Wien yang bernama "der Wiener Deewan". Yang membuat resto ini terkenal yaitu kebijakan Eat as much as you want and pay as much as you like-nya. Bayangkan..sebagai budget traveler/mahasiswa tentu kami gembira sekali begitu menemukan informasi ini. Sebelum berangkat, saya sudah merencanakan..setiap malam selama di Wina kami akan makan di sana..bahkan sudah berencana untuk membayar 4 Euro untuk bertiga setiap kali makan #malu.

Begitu sampai di Wina dan bertemu tuan rumah kami, Septi, ternyata dia memang sudah berencana mau mengajak kami makan di sana..aseek..Kami sampai di sana waktu makan malam. Karena dekat dengan universitas, saat itu resto cukup penuh dengan anak muda..baik yang bertampang bule ataupun bukan.

Restonya terdiri dari 2 setengah lantai ke bawah. Lantai pertama, lantai dasar sekaligus pintu masuk. Lantai kedua, separo agak kebawah, dan lantai ketiga, kebawah lagi. Jika berkunjung ke Deewan dan melihat resto penuh, jangan putus asa..karena masih banyak meja di lantai-lantai di bawahnya. Untuk orang Asia yang terbiasa dengan bangunan yang tumbuh ke atas, hal ini agak aneh. Tapi di Eropa, hampir setiap rumah/bangunan memiliki basement/ruang di bawang tanah (Bahasa Jerman: Keller), yang biasanya dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan alias gudang, dll.

Para pelayan di Deewan sebagian besar adalah mas-mas bertampang Asia Selatan..kepakistan-pakistanan. Meskipun waktu saya ke sana, ada satu-dua juga bule yang kerja disitu. Begitu masuk, mereka menyapa dengan ramah dan hangat. Salah satunya malah langsung mengucapkan salam begitu melihat saya berjilbab :). Kamipun segera gantian mengambil makanan (sepuasnya) dan menuju ke meja. Di Deewan juga tersedia air putih gratis.

Makanannya yaitu makanan Pakistan/India yang terdiri dari menu utama: kari daging, nasi, roti, sayuran berbumbu, dll (halal) dan makanan penutup: sejenis puding atau kue manis. Saya rasa sih sebagian besar orang Indonesia tidak akan bermasalah dengan rasanya..berempah tapi tidak pedas. Enak..walaupun buat yang doyan pedes sih ya..kurang sambel :p Tapi berhubung kita boleh bolak-balik ngisi ulang piring sepuasnya (asal tahan malu), no complain lah dari kami..haha #murahan. Selain air putih gratis, Deewan juga menjual beberapa jenis minuman lain (tapi kami ga beli).

Selesai makan, kami menghabiskan waktu cukup lama duduk-duduk dan mengobrol di sana..karena suasana yang nyaman, hangat plus berwi-fi gratis. Meja-meja tetangga kami pun penuh berisi mahasiswa yang makan dan nongkrong.

Di lantai paling bawah juga tersedia area lesehan dan satu komputer yang bisa digunakan oleh pengunjung..lumayan buat cek e-mail atau nyari info apa gtu. Di tiap meja di Deewan juga tersedia game card..buat main iseng sebelum atau sesudah makan..gimana orang ga betah tuh :D

tatatsjournal.blogspot.com
tersedia children seat juga buat si Alif :D
Ketika hendak pulang dan membayar, muncul rasa tidak enak untuk membayar hanya 4 Euro T_T Apalagi melihat orang di depan kami membayar 20 Euro untuk satu orang..hahaha.. Akhirnya, kami memutuskan membayar sekitar 7 Euro untuk dua orang dewasa dan Alif.. Mayanlah..ga terlalu banyak, tapi ga terlalu malu juga pas ngasih uangnya di kasir :D. Dengan kebijakan yang sangat murah hati ini, ternyata Deewan masih dapat untung loh..super banget kannn..

Alamat
der Wiener Deewan
Liechtensteinstrasse 10, Vienna, A-1090, Austria | 925 11 85 - See more at: http://www.indianfoodsguide.com/indian-food-guide/indian-restaurants/europe/austria/vienna/wiener-deewan.html#sthash.QVztlALU.dpuf
Liechtensteinstrasse 10, Vienna, Austria, A-1090
Liechtensteinstrasse 10, Vienna, A-1090, Austria
Liechtensteinstrasse 10, Vienna, A-1090, Austria | 925 11 85 - See more at: http://www.indianfoodsguide.com/indian-food-guide/indian-restaurants/europe/austria/vienna/wiener-deewan.html#sthash.QVztlALU.dpuf
Liechtensteinstraße 10,
Vienna Austria, A-1090
Phone 9251185

You Might Also Like

0 comments