Desa Terlupakan : Döllersheim

May 04, 2015

Döllersheim dahulu adalah sebuah desa kecil yang terletak di kawasan Lower Austria, Austria. Döllersheim tepatnya terletak di Distrik Zwettl, sekitar 110 km di barat laut Vienna. Desa ini merupakan desa kelahiran Alois Hitler, ayah dari Adolf Hitler. Di pemakaman umum yang terletak di desa ini terdapat pula makam dari Maria Anna Schicklgruber, nenek dari Adolf Hitler.

Döllersheim merupakan salah satu kawasan tertua di daerah Waldviertels. Nama Döllersheim sudah tercatat di salah satu dokumen yang berasal dari tahun 1143. Namun pada tahun 1938, setelah Nazi Jerman menganeksasi Austria, Adolf Hitler memerintahkan penduduk Döllersheim dan desa-desa di sekitarnya untuk meninggalkan rumahnya dan mengubah kawasan ini menjadi kawasan militer, terutama untuk daerah latihan menembak.


Lebih dari 2000 orang penduduk Döllersheim meninggalkan kawasan ini secara perlahan-lahan, dan pada tanggal 30 September 1942, seluruh penduduk dari desa ini telah meninggalkan kawasan ini dan desa Döllersheim telah benar-benar menjadi desa kosong. Dan hingga sekarang, para penduduk dilarang untuk kembali menempati kawasan ini.

Setelah Perang Dunia II Berakhir, kawasan militer Döllersheim diserahkan kepemilikannya kepada Angkatan Bersenjata Austria. Hingga kini kawasan ini tetap menjadi zona militer ekslusif Austria. Namun sejak tahun 1981, kawasan ini kembali terbuka untuk umum. Pada tahun 1986, Uskup St. Pölten memberi nama Gereja yang masih berdiri di Döllersheim sebagai Friedenskirche (Gereja Perdamaian). Dan setiap tanggal 2 November (hari besar keagamaan di Austria untuk menghormati arwah orang yang telah meninggal) setiap tahunnya diadakan kebaktian di gereja ini. Para tentara Austria turut membantu setiap tahunnya untuk membersihkan kawasan Döllersheim. 
Hingga kini, kita masih bisa menjumpai reruntuhan bangunan yang terletak di kawasan ini. Di depan beberapa bangunan terdapat foto ketika bangunan tersebut masih utuh dan juga keterangan mengenai fungsi dari bangunan tersebut sebelumnya.

Pada tahun 1955, para penduduk Döllersheim menerima uang ganti rugi dari negara (sekitar 5000 euro) dan didirikan pula monumen peringatan untuk mengenang korban Nazi di depan Gereja Friedenskirche.

You Might Also Like

0 comments