Berwisata di Garut

March 20, 2014

Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, terletak di sebelah selatan Bandung. Sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan dan bukit, seperti kebanyakan daerah priangan lainnya. Garut memiliki banyak daya tarik wisata, baik itu wisata alam, wisata sejarah, maupun kulinernya. Dalam satu kesempatan berkunjung ke Garut, Saya mengunjungi beberapa tempat menarik berikut ini:

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang adalah satu-satunya candi Hindu yang berada di Tatar Sunda, berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Candinya tidak terlalu besar dan merupakan hasil rekonstruksi, karena yang asli sempat hancur karena sesuatu hal (maapkan..udah lupa :D). Untuk menuju Candi Cangkuang, kita harus naik rakit menyebrangi Situ Cangkuang. Berikut sedikit foto-fotonya.

Kampung Pulo
Kampung Pulo adalah kampung adat kecil yang masih berada satu komplek dengan Candi Cangkuang. Terbentuknya Kampung Pulo dipelopori oleh seorang tokoh penyebar agama Islam di Garut yang bernama Arif Muhamad, pada abad ke-16. Di Kampung ini hanya ada enam rumah dan satu masjid saja. Konon, jumlahnya dari dulu dipertahankan dan tidak boleh bertambah. Hingga saat ini, kampung Pulo masih dihuni oleh masyarakat adat Kampung Pulo.


Situ Bagendit
Situ Bagendit terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Garut. Situ ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang punya legenda yang Saya ingat betul jalan ceritanya. Tentang seorang janda kaya yang pelit bernama Nyai Endit, yang karena kepelitannya, menyebabkan diri, rumah dan seluruh hartanya tenggelam dalam air yang akhirnya sekarang jadi Situ Bagendit.

Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Situ Bagendit, di antaranya: piknik, naik sepeda air mengelilingi telaga, flying fox, dan arena permainan anak sederhana.

Kawah Kamojang
Adalah wilayah di sekitar Gunung Kamojang yang merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi di Garut. Selain karena keindahan alam dan kawahnya, di Kawah Kamojang juga terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang dikelola oleh Pertamina. Kawah-kawah yang berada di Kamojang ini masih banyak yang aktif mengeluarkan panas, di antaranya: Kawah Kareta Api, Kawah Manuk, Kawah Barecek, Kawah Sekarat, Kawah Hujan, dan Kawah Stik Gas. 

Pemandangan di sekitar Kawah Kamojang sungguh memukau, terutama karena saat itu menjelang matahari tenggelam sehabis hujan. Dingin, berkabut, tapi indah.

Pelangi di foto ini, yang menginspirasi lahirnya nama "jejak katumbiri" alias jejak pelangi

Bakso si Peu'eut
Ini adalah salah satu bakso yang katanya paling enak se-Kabupaten Garut. Ya..standar bakso sih rasanya..lumayan enak :D

Oleh-oleh Garut
Oleh-oleh dari Garut berupa dodol mungkin sudah biasa. Saat ini ada inovasi baru dari Garut yaitu Chocodot, coklat dengan dodol Garut. Rasanya macem-macem, mulai dari rasa buah, sampe rasa cabe. Oke banget sebagai buah tangan untuk teman dan keluraga :)

You Might Also Like

0 comments