Makan makanan pedesaan Jawa Barat di Nasi Bancakan

February 19, 2016

Nasi Bancakan ini adanya di Bandung, di daerah Trunojoyo. Pertama kali diajak makan di sini sama kakak saya sekitar tahun 2011. Waktu saya masih tinggal di Bandung (2000-2003) dan Jatinangor (2003-2008), Nasi Bancakan belum ada. Meskipun antriannya super panjang dan orang sampai harus makan lesehan di parkiran, ga ada tamu yang sampe nyerah dan balik kanan.


Makanan yang disajikan di Nasi Bancakan adalah masakan khas Sunda, seperti di rumah makan Sunda lainnya yang menyajikan nasi timbel, lalab, tumisan sayur, karedok, karedok leunca, oreg oncom leunca, jengkol, pete, jeroan goreng, dll.

Yang membuat Nasi Bancakan spesial, mereka menyediakan piring dan gelas minum dari seng, seperti jaman jadul di desa-desa Pulau Jawa. Selain itu, mereka juga menjual makanan khas Sunda yang susah ditemukan di tempat lain, seperti tutut rebus, kue balok, es goyobod, dll.

Dari segi makanan, saya suka semuanya!! :D Yang agak disayangkan adalah suasananya. Pertama, tamu tidak bisa reservasi atau memilih tempat duduk sendiri. Harus terima apa yang tersedia, yang mana sebagian besar hanya berupa bangku dan meja pendek.

Kedua, antrian untuk ngambil makanan yang selalu panjang. Kalo orang mau nambah, harus ngantri panjang lagi. Saya biasanya ngambil sekaligus banyak, biar ga bolak-balik. Tapi ujung2nya pasti kelebihan..akhirnya daripada mubazir, kami harus berjuang ngabisin makanan-makanan itu walaupun udah kekenyangan.

Ketiga, secara keseluruhan suasana terlalu rusuh...rasanya kita makan dengan diburu-buru..karena biasanya pas kita makan, antrian orang2 yang baru datang udah mengular -_-.

Memang sih, secara harga juga murah banget...untuk 8 orang, saya hanya membayar 300 ribuan. Tapi ya gtu..Nasi Bancakan bukan tempat untuk makan nyantei sambil nikmatin suasana..bukan juga tempat yang cocok buat makan bersama keluarga dan bocah kecil-kecil (minggu lalu saya dateng sama dua bocah 6 tahun dan 1 balita 3 tahun -_-). Nasi Bancakan cocok untuk orang yang udah kangen banget ga tahan pengen makan makanan Sunda yang jarang tersedia di tempat lain; makan, terus langsung tschüß deh!

Saya sih kalo ke Bandung pasti akan tetap balik ke Nasi Bancakan..demi menikmati suasana makan makanan di piring seng dan rasa desa dari makanan2nya.

You Might Also Like

0 comments