Nyobain Wisata Bagang di Balikpapan, Yuk!

December 05, 2016


Rasanya sudah lama saya absen menulis di blog ini (kira-kira beberapa minggu lalu saya terakhir posting). Kali ini saya tidak akan bercerita mengenai pengalaman saya berkunjung suatu tempat, tapi akan bercerita sedikit tentang pekerjaan saya dan apa yang saya lakukan, bukan dalam artian pekerjaan yang sesungguhnya. Tapi saya akan bercerita mengenai salah satu ekowisata yang berusaha saya dan kawan-kawan kembangkan di Balikpapan. 

Tema dari ekowisata yang baru-baru ini kami kembangkan adalah wisata bagang. Bagang adalah pondok di tengah laut yang biasa digunakan nelayan untuk menangkap hasil laut terutama ikan. Bagang dibangun dari kayu-kayu, menghadirkan sensasi tersendiri bagi siapa yang mencoba pengalaman 'berbagang' bersama nelayan sehingga kami menamakan paket ekowisata ini sebagai Bagang Sensations - Sensasi Berbagang (bisa lah ya.. hehe)

Bagang di Laut Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur

Perjalanan menuju bagang dilakukan pada sore hari sekitar pukul 16.00 dengan perjalanan menggunakan kapal menghabiskan waktu sekitar 20-30 menit. Sesampainya di bagang, kita bisa bersantai menyesuaikan diri dengan bagang sambil menunggu untuk menikmati matahari terbenam atau sunset. Menikmati sunset di tengah laut, di atas bagang pastinya akan menghasilkan perasaan berbeda dibandingkan dengan pengalaman menatap sunset dari tempat-tempat lain.  

Tentu saja hal yang paling ditunggu dalam kegiatan berbagang adalah menangkap ikan. Menangkap ikan bisa dilakukan dengan memancing atau menjaring, memancing bisa dinikmati oleh penyuka kegiatan memancing dengan melakukannya dari atas bagang sambil menunggu nelayan pemilik bagang menangkap ikan. Cara menangkap ikannya pun unik, mula-mula lampu diturunkan untuk menarik perhatian ikan dan lainnya agar masuk ke dalam jala. Hasil tangkapan tidak selalu sama, tapi hasil tangkapan lebih dari cukup untuk dapat dinikmati sepuasnya di atas bagang, baik dengan cara dibakar dan digoreng. Entah kenapa juga, hasil tangkapan yang langsung dikonsumsi di atas bagang (dimasak di atas bagang) rasanya lebih lezat dibandingkan hasil tangkapan itu harus menempuh perjalanan dulu sebelum dimasak di dapur rumah. Kesegaran mungkin adalah faktor utamanya. Hasil tangkapan pertama pada pukul 20.00 bisa langsung dimasak untuk dinikmati, perlengkapan masak dan lainnya sudah tersedia di atas bagang. 

Malam hari biasanya waktu digunakan untuk kembali memancing sambil mengobrol dengan teman-teman di atas bagang. Apabila sudah mengantuk maka bisa tidur dan beristirahat di bagang sambil menunggu matahari terbit atau sunrise sehingga dapat menikmati pemandangan sunrise dari atas bagang. 

Setelah menikmati sunrise, kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti berenang, mengamati bawah permukaan laut, melakukan kegiatan foto bawah laut, dan lain sebagainya sampai pukul 09.00 karena setelah itu, persiapan pulang dan kembali ke daratan dilakukan. Setelah kembali ke daratan sekitar pukul 10.00  terdapat berbagai pilihan yang ditawarkan kepada peserta Bagang Sensations seperti sarapan di warung-warung makan recommended sekitaran Balikpapan atau pergi mengunjungi pusat oleh-oleh barang kerajinan lokal (hal ini biasanya dilakukan oleh peserta yang berasal dari luar Kota Balikpapan).

Saya sudah sedikit menggambarkan betapa sensasionalnya berwisata ke atas Bagang. Apa sudah ada yang berminat untuk mencoba sensasinya? 

Paket Bagang Sensations (Desember 2016)
IDR 1.500.000/grup (max 9 orang/grup)
Durasi 16.00 - 10.00
Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur
Parakayu - parakayu@gmail.com


You Might Also Like

2 comments

  1. Wah asyik. Pengen banget bisa berwisata ke pantai. Udah lama gak liat laut dan ombak...

    ReplyDelete
  2. ayo mba @nia haryanto dicobain wisata pantainya kalau mampir ke balikpapan :)

    ReplyDelete