Pages

Transit di Beijing kurang dari 24 jam

Dalam perjalanan mudik dari Jerman ke Jakarta dengan naik Air China, kami sekeluarga (Ayah, Ibu dan Alif si anak 3 tahun) harus transit 11 jam di Beijing dari jam 5.30 pagi sampai jam 15.40. Tampaknya akan sangat membosankan kalo kami hanya tinggal di bandara. Selain itu kami ingin memanfaatkan kesempatan langka tersebut untuk melihat-lihat Kota Beijing.

Forbidden City dilihat dari Lapangan Tian an men
Semakin mendekati tanggal keberangkatan, saya semakin rajin mencari informasi apakah kira-kira kami bisa keluar dari Beijing International Capital Airport selama transit. Saya mencari kesana-kemari di travelblog lain serta di travel web dan review seperti di tripadvisor, dll. Sayangnya saya tidak menemukan informasi jelas tentang transit di China kurang dari 24 jam. Hanya ada informasi mengenai bebas visa 72 jam di China (Indonesia tidak masuk dalam daftar negara yang bisa bebas visa 72 jam). Terdapat juga sedikit yang mengatakan "Nearly all nationalities can transit in China for a period not exceeding 24 hours as determined by scheduled flight arrival and departure times", tidak dijelaskan apakah bisa keluar dari bandara atau tidak .

Ayahnya Alif sempat mengirimkan e-mail ke otoritas Beijing International Capital Airport, tapi tidak ada balasan. Saya pun bertanya ke teman yang asal China, dia berusaha mencarikan informasi untuk saya di website pemerintahnya yang berbahasa Mandarin. Hasilnya nihil. Dia bilang, "very sorry Tatat, it seems that you have to stay in the airport during your transit in Beijing." Deuh..yasudahlah..kamipun pasrah..kalo bisa ya bisa, kalo ngga ya tinggal di bandara pun ga masalah.

Ketika akhirnya mendarat di Beijing, waktu setempat menunjukkan jam 4.40 pagi (pesawat kami kecepetan nyampe). Jadi..apakah akhirnya kami bisa keluar dari bandara untuk jalan-jalan kilat ke pusat kota Beijing? Ternyata bisa loh..aseek..rejeki emak :D. Begini kira-kira proses lengkapnya..
  1. Dokumen yang perlu disiapkan untuk ke loket imigrasi: passport, arrival dan departure card yang telah diisi, tiket atau boarding pass penerbangan selanjutnya menuju ke negara tujuan setelah transit di China (atau untuk kasus saya, boarding pass penerbangan selanjutnya menuju bandara lain di China juga -_-), residence permit atau visa negara tujuan jika anda bukan warga negara tersebut.
  2. Setelah itu, mengantri imigrasi. Untuk penumpang yang hanya akan transit di China, petugas imigrasi mempersilakan untuk mengantri di jalur staf diplomatik. Antrian di jalur ini lebih pendek daripada antrian biasa yang mengular panjang.
  3. Kemudian staf imigrasi akan memeriksa paspor, boarding pass, mengambil arrival card yang telah diisi, mengambil foto saya, dan akhirnya memberikan stempel visa 24 jam di paspor..horee..
  4. Karena setelah Beijing kami masih harus transit di Xia Men (kota lain di China), maka departure card baru diserahkan di loket imigrasi di bandara Xia Men, ketika akan terbang menuju Jakarta.
  5. Pemeriksanaan paspor untuk balita pun dilakukan dengan sangat serius..Alif harus saya angkat agar si petugas bisa melihat dengan jelas wajahnya serta untuk diambil fotonya.
  6. Setelah paspor kami dicap, masih ada security check yang harus dilewati. Sebetulnya ini normal di semua bandara..yang ga normal antriannya -_-. Pemeriksaan yang dilakukan benar-benar teliti dan seksama, sampai cepolan rambut di dalam kerudung saya pun dipegang berkali-kali sama mbak yang meriksa.
  7. Setelah lolos dari security check, baru deh kita bisa santai..tuker uang, jajan-jajan, dan keluar bandara.
  8. Proses mengantri imigrasi dan security check benar-benar menyita waktu. Kami menghabiskan waktu sekitar 2 jam sampai bisa keluar dari security check. Sebaiknya segera kembali menuju bandara paling tidak 3 jam sebelum jadwal penerbangan kita selanjutnya.
  9. Jika transit di Beijing antara 6-24 jam, jangan ragu-ragu untuk cuss jalan-jalan ke kota!
Meskipun prosesnya agak melelahkan, tapi cukup layak untuk diperjuangkan. Kami jadi bisa menikmati suasana Tahun Baru China di tengah Kota Beijing yang lengang karena sedang ditinggal mudik sebagian besar penduduknya :).

30 comments:

  1. Terimakasih mbak, infonya sangat berguna.

    Anyway, how did you finally know, exactly at the last minutes, that you could obtain the visa and get out of the airport during transit?

    What's the name of the visa by the way? Is it On Arrival Visa.

    Trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Halo @Doriani Lingga

    All transit passengers in China airports must go the the immigration locket after landing, together with all China citizens and foreigners. I was on the queue until I reach the immigration officer, and I asked them if I want to go out during my 9 hours transit time. Then they showed me the right line for that. I think it is called "24 hours transit visa". It is not visa on arrival as it is valid only for 24 hours. They have "72 hours visa" (similar to VoA), but Indonesia is not on the list of countries that eligible for that :D.

    ReplyDelete
  3. Saya Gatot WNI, saya pny rencana itinerary dr osaka ke jakarta dan transit 5 jam di Shanghai. Transit dengan 2 maskapai berbeda dan 2 nomer pesanan. Info dari maskapai bahwa saya harus melakukan check in lagi di Shanghai untuk ke Jakarta. Itu artinya saya harus keluar imigrasi stlh penerbangan dr Osaka. Apakah ini juga sama menggunakan transit visa 24 jam?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalo menggunakan dua maskapai yang berbeda terus terang kami tidak ada pengalaman. Tapi kemungkinan besar menggunakan visa transit 24 jam juga. Untuk lebih pastinya mungkin bisa kontak pihak bandara Shanghai atau kedutaan China di Jkt

      Delete
  4. Halo mbak,
    Saya mau nanya, April besok saya bakal transit 7 jam di Beijing.
    tempat apa yang bisa saya kunjungi dalam waktu kurang dari 5 jam (durasi transit hanya 7jam)
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih, jika waktu transit hanya 7 jam, ambil bersihnya maksimal 4 jam kalo mau keluar bandara. Agar waktu di imigrasi dan nunggu transportasi tidak mepet, biar ga ketinggalan pesawat.

      Dalam 4 jam, rekomendasi saya sih ke Forbidden City dan sekitarnya.

      Delete
  5. Hallo, sy mau nanya. Dr toronto sy naik china airlines, dan transit di guang zou slma 11 jam. Apakah sy membutuhkan visa transit? Klo butuh bgmana mengurusnya. Therima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga keluar bandara sih tidak butuh mengurus visa sebelum keberangkatan, hanya ikuti prosedur imigrasi di bandara Guang Zou. Silakan baca uraian di atas untuk lebih jelasnya.

      Delete
    2. Matur niwun mbak.😘😊

      Delete
  6. Mbak mau tanya visa transit 24 jam biayanya berapa?

    ReplyDelete
  7. Hello,

    Postnya informatif sekali, saya jadi lebih yakin buat transit di China. Saya bulan depan akan transit 20 jam di Beijing, arrive malam berangkatnya siang besoknya, ada rekomendasi tempat wisata yang deket bandara ga? perjalanan dari bandara ke city makan waktu berapa lama?

    Thanks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket bandara setau saya ga ada. Tapi bisa naik kereta ke tengah kota sekitar 30 menit, lalu mampir ke Tian an men square, Forbidden city, dan sekitarnya. Jangan lupa siapkan waktu lebih untuk ngantri pemeriksaan security. Selamat jalan-jalan ya :)

      Delete
  8. Helo mba, saya akan pergi ke seoul dan transit di beijing cuma sekitar 1 jam, mau nanya nih mba, arrival dan departure card nya didapatkan dan bisa diisi di pesawat atau baru dapat setelah kita sampai di bandara? dan apakah kita perlu mengurus bagasi atau bagasi kita langsung di transfer ke pesawat selanjutnya? soalnya waktu transit saya sangat limit, dan saya cemas nanti tidak terburu waktu pengurusannya.
    satu lagi nih mba hehe, nyaman2 aja kan mba pas security check kalau kita mengenakan kerudung?
    Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Kalo waktu pengalaman saya, kami dapat kartu arrival dan departure ketika mengantri di bandara. Tidak dibagikan di pesawat. Tapi kalo waktunya mepet, mungkin bisa tanya ke maskapai nya.

      Delete
    2. Klo bisa jng 1 jam krn naik pesawat transit cina agak ribet ya sy mau ke usa
      Sy telp knsulat cina bag visa transit peswat transit cm 5 jam ga jamin ad visa transit ga??kebijakana imigrasi setempat ad yg 1 jam di mintai visa transit makanya phak ksulat ga bisa jwb tegas!!sy jd mikir buat beli tiket transit di cina....bagasi hrus ambil lg....agak mahal ga apa asal nyaman transit japan klo sy??dr pd coba coba pas apes mending menghindari....tiket murah tapi ribet buat sy yg pergi sendirian

      Delete
  9. Waaaahh,, akhirnya dapat penceraaahann..!!!
    Thank you so much untuk tulisannya yaaa kakaaak!

    Untuk make sure lagi, sy sudah beli tiket tujuan NY akhir desember ini, menggunakan maskapai air china dengan durasi transit 12 jam. Sampai di beijing 08.20 berangkat lagi menuju NY jam 23.55.
    Jadi jika saya ingin keluar bandara, sy hanya perlu mengantri untuk membuat 24hours visa ya kak? jadi tidak perlu membuat visa dari indonesia kan?. Krn sy juga melakukan hal yg sama mencari informasi dengan mengkontak kedutaan china dan belum dapat respons.
    Mohon balasannya...

    Best regards,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tika,

      Sorry baru bales. Bener prosedurnya seperti yang Tika tulis. Semoga lancer ya perjalanan Desember kemaren.

      Makasih udah mampir :)

      Delete
  10. Hallo

    Saya mau tanya. Minggu depan saya berangkat ke dubai, dan akan transit di china 3jam, Saat transit apakah saya memerlukan visa transit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hanya tiga jam dan stay di bandara, tidak perlu visa. Hanya harus mengikuti prosedur imigrasi di bandara (mengisi kartu kedatangan dan keberangkatan).

      maaf lama balas.

      Salam,

      Delete
    2. Bhs pakai apa mba...waktu ngisi kartu kedatangan atau keberangkatan

      Delete
  11. Permisi mba, saya mau nanya. Selama travel keliling kota Beijing itu, kopernya mbak bawa juga atau dititipkan? Trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo koper yang masuk bagasi, diambilnya langsung di Jakarta. Ketika transit hanya bawa cabin-bagage/hand carry. Kalo hand carry nya banyak (kayak saya, karena bawa balita), bisa dititipkan di locker, tapi bayar lagi.

      Semoga jelas ya.

      Delete
  12. Halo mba, saya hanya ingin memastikan bhw kita ga perlu transit visa kalo hanya stay di bandara? Saya terbang dr jakarta ke vancouver pake air china transit di beijing selama 7 jam. Makasih yaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hanna,

      Kalo hanya transit tidak perlu mengurus visa sebelum keberangkatan. Hanya ketika transit, tinggal mengikuti prosedur imigrasi di airport Beijing.

      Selamat jalan, semoga lancar ya! :)

      Delete
  13. Halo mbak thanks sdh share pengalamannya.
    Renacananya saya mau ke Mexico Dan transit di Beijing, kalau transit tidak butuh transit visa kan mbak?
    Thanks ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo transit tidak perlu visa. Cuma tetap harus muter ngantri imigrasi di bandaranya.

      Delete
  14. halo mbak tatats salam kenal...saya rencana desember ini mau ke seoul transit di beijing selama 22 jam ...dari jam 15.10 sore sampai pesawat take off besok nya jam 16.15 sore...apakah cukup untuk keluar bandara dengan waktu yang ada dan bisa kemana aja?...
    apakah jenis visa on arrival masih bisa dan berlaku di tahun 2018 ini mbak...karena terakhir saya ke guangzhou lewat Hongkong sudah tidak bisa menggunakan VIsa on Arrival lagi...mohon petunjuknya...terima kasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari jam 3 sore sampai jam 4 sore keesokan harinya cukup banget. Dan malah bisa nginep semalam diluar bandara ya tampaknya 😀. Kalo menginap semalam diluar bandara, pagi2 bisa nyoba ngejar ke great wall. Tapi jangan lupa untuk balik ke bandara paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan. Karena antrian imigrasinya selalu panjang. Terkait dengan visa on arrival, bisa ditanyakan ke pihak airlines aja. Tapi setahu saya sih di 2018 juga tidak ada perubahan.

      Delete